Rabu, 24 Juli 2013

Warga Kepulauan Geruduk DPRD, Tuntut Tambahan Kapal

                                             Warga yang ingin masuk ke dalam kapal
Sumenep - Warga Pulau Kangean, Kabupaten Sumenep, Kamis (25/07/13) menggeruduk kantor DPRD setempat. Mereka menuntut agar wakil rakyat ikut memperjuangkan penambahan armada ke kepulauan, terutama menjelang Lebaran.

Juru bicara warga, Surahrawi, menjelaskan, armada kapal ke wilayah kepulauan tidak memadai. Padahal jumlah penumpang menjelang Lebaran selalu membludak. Karena itu, pihaknya berharap agar DPRD sebagai waki rakyat ikut memperjuangkan keinginan masyarakat kepulauan.

"Kalau armadanya tetap seperti ini, akan banyak penumpang yang tidak terangkut. Karena memang kapal yang ada ini tidak memadai. Wakil rakyat harusnya tidak diam. Seharusnya ikut memperjuangkan nasib rakyat kepulauan," ujarnya.

Ia memaparkan, penambahan armada kapal ke wilayah kepulauan mutlak diperlukan, agar tidak terjadi problem berulang setiap bulan Ramadhan dan menjelang Lebaran. "Setiap tahun selalu terjadi penumpukan barang dan sembako yang tidak terangkut. Saya kira pemerintah tidak akan rugi kalau menambah armada, karena penumpang ramai, distribusi barang lancar, sehingga sirkulasi ekonomi kepulauan juga akan lancar," ungkapnya.

Surahrawi mengatakan, kapal Dharma Bahari Sumekar (DBS) I yang selama ini dioperasikan dianggap tidak layak kondisinya. "Kapal sering mengalami kerusakan. Sekarang tidak berangkat alasannya cuaca buruk. Tapi kenyataannya warga pulau yang pakai perahu tidak apa-apa. Jangan-jangan memang kondisi kapalnya yang masih mengalami kerusakan," tudingnya.

Sementara itu, Manajer Operasional PT Sumekar, Bambang Supriyo mengatakan, kapal DBS terpaksa menunda keberangkatan karena cuaca buruk, bukan karena kerusakan kapal. "Ini kan sudah jelas ada imbauan dari BMKG untuk mewaspadai pelayaran karena cuaca ekstrem. Kalau kami memaksakan diri berlayar, justru akan membahayakan keselamatan penumpang," tukasnya.

Bambang mengaku pihaknya nyaris tidak mungkin menambah frekuensi pelayaran untuk melayani membeludaknya penumpang menjelang Lebaran, mengingat hampir setiap hari ada jadwal kapal ke Kepulauan. "Yang melayani pelayaran ke Pulau Kangean itu kan selain DBS, juga ada Kapal cepat dan kapal perintis. Jadi, Insya Allah masih mampu meayani lonjakan penumpang. Kami juga sudah siap memaksimalkan pelayanan saat arus mudik dan balik nanti," ucapnya.

Kapal DBS milik PT Sumekar, salah satu BUMD Sumenep, berlayar ke Pulau Kangean setiap hari Selasa, Jumat, dan Minggu. Sedangkan Kapal Express Bahari 3C milik PT Sakti Inti Makmur melayani pelayaran ke Pulau Kangean pada hari Senin, Kamis, dan Sabtu. Jadwal pelayaran tersebut masih ditambah dengan pelayaran dua kapal perintis.

Sumber : beritajatim.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar